Tari Topeng Brebes


FESBUKERBREBES.COM - Losari merupakan salah satu wilayah yang berada di Kabupaten Brebes, namun siapa menyangka justru Losari menyimpan budaya leluhur yang perlu dikembangkan bahkan dapat menjadi investasi bagi Kabupaten Brebes dalam bidang seni budaya Tari Topeng Losari yang sudah ada sejak 400 tahun yang lalu.

Pada awalnya seni tari ini disajikan guna menyebarkan agama Islam, bahkan pada saat ini yang membawakan tarian Topeng Losari tersebut adalah generasi trah ke tujuh atau biasa disebut Dalang Topeng losari. Perempuan yang kerap disapa Nani ini lahir di Cirebon Jawa Barat, 5 Juni 1977 adalah pewaris seni tari Topeng Cirebon gaya Losari,Ia mewarisinya melalui darah dan didikan keras sang nenek, Mimi Dewi dan Mimi Sawitri. Ia merupakan cucu pertama Mimi Dewi yang pada Era 1970-an membawa tari topeng Losari kepuncak tenaran bersama adiknya Mimi Sawitri.

Nur Anani M Imran, penari Topeng Losari sengaja di undang dalam acara press tour Humas Kabupaten Brebes di hotel Cristal Lotus Km Magelang Yogyakarta yang dihadiri langsung Bupati Hj Izda Priyanti SE dan Wakil Bupati Brebes Narjo tampil memukau bahkan sejumlah peserta press tour yang hadir terpukau oleh penampilan sang penari di atas panggung. Menurut Nur Anani M. Imran tari topeng yang ia mainkan memiliki kekhasan tersendiri. “Tari topeng Losari ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan tari topeng lainnya seperti motif gerak Galeyong,Sepak Soder ke Depan dan Gantung Sikil yang mengharuskan si penari memperlihatkan telapak kakinya kesamping, namun ada satu lagi Gaya Pasang Naga Seser yang menyerupai sikap Kathakali di India serta sikap gantung kaki yang mirip kaki Dewa Shiwa,” jelasnya.

Sementara Ia juga menambahkan untuk dapat memainkan tarian ini, dulu nya tidak sembarang orang ada persyaratan yang harus di penuhi seperti berpuasa mutih dan persyaratan lain yang beaparkaitan dengan hal spiritual. Beberapa negara pernah mengundang hanya untuk melihat serta menikmati keunikan tarian tersebut termasuk negara Myanmar.

Kini tinggal bagaimana sikap pemerintah kabupaten Brebes dalam mengekspresikan tarian Topeng Losari legendaris ini lebih diminati generasi muda, sebab tanpa di sadari tarian Topeng Losari telah membawa nama baik Kota Brebes ke kancah Internasional bahkan seni budaya tarian topeng yang sudah berusia 400 tahun dapat menjadikan PR bagi pemerintah Brebes untuk mengembangkan serta menjaga agar tarian tersebut tidak punah dan hilang ditelan jaman akibat tak ada gairah generasi muda terhadap seni budaya leluhur.

Post a Comment

Postingan Sebelumnya Postingan Berikutnya

Contact Form