Curug Putri


FESBUKERBREBES.COM - Brebes bagian selatan memiliki potensi alam yang sangat indah dan dapat dijadikan objek wisata alam. Salah satunya adalah Curug Putri, yang terletak di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Propinsi Jawa Tengah.

Menurut cerita yang berkembang di daerah itu, Curug Putri merupakan tempat pemandian para bidadari. Turunnya bidadari ditandai dengan adanya “kuwung” atau yang biasa disebut pelangi.

Dulu Curug Putri memiliki dua pancuran air yang sering disebut Curug Kembar. Namun seiring kondisi alam, debit air semakin mengecil sehingga saat ini hanya menyisakan satu air terjun. Curug Putri memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter dan dihiasi dengan tebing batu yang sisi-sisinya membentuk ukiran alam.


Selain pesonanya yang indah, Curug Putri juga merupakan wisata alam yang murah meriah. Setiap pengunjung yang datang ke Curug Putri hanya akan dipungut biaya parkir saja. Tidak perlu bayar tiket masuk. Kurangnya perhatian dari pemerintah setempat menyebabkan keadaan lokasi masih sangat natural, belum terlihat adanya obyek wisata lain disekeliling Curug Putri ini, selain kolam renang yang dibangun oleh investor swasta.

Kurangnya perhatian pada curug ini juga terlihat pada akses jalan ke lokasi ini yang sedikit sulit. Selain belum diaspal, kendaraan yang dibawa hanya dapat sampai di pertengahan Dukuh Padanama. Sisanya harus ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah dan jalan setapak sejauh 500 meter. Medan perjalanan juga cukup berat, karena harus melalui tebing cukup terjal. Kalau sudah ada sentuhan pemerintah, mungkin kesulitan menuju lokasi itu akan teratasi.

Perjalanan ke Curug Putri dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dengan kendaraan dari pertigaan Kaligadung (setelah SPBU Kalisalak kalau dari utara) ke arah timur (jalan ke Desa Benda) di ruas jalan utama Tegal-Purwokerto. Sesampainya di Desa Mendala, perjalanan dilanjutkan menuju Dukuh Padanama.


Post a Comment

Postingan Sebelumnya Postingan Berikutnya

Contact Form